| Opini Musik & Seni | Opini & Resensi | Puisi | Cerpen | Refleksi |  

    | 

« Kembali ke Muka | Buat Om dan Tante yang Budiman » | Sebelum Subuh » | Mengapa Engkau Datang sebagai Sepi? » | Tukang Kritik di Negeri Gelap Mata » | Peterpan dan The Titans: Persaingan atau Meragamka... » | Tersenyumlah Agar Kehidupan Tersenyum » | Sumpah Serapah Perjuangan » | Jangan Salah Membaca » | KELAKUANMU BENAR-BENAR BUSUK. KAMU TERKUTUK! » | Optimisme Reggae di Zaman Susah »

Ukonisme Diliput Harian "Solopos"

Sebuah penghargaan, blog Ukonisme diliput harian Solopos. Beritanya diturunkan di harian tersebut edisi minggu, 19 November 2007, halaman XII. Bagaimana beritanya? Terurai berikut, atau dapat ditengok di http://www.solopos.net/.

”Blog pribadi saya gunakan sebagai semacam etalase karya tulisan yang saya buat, seperti cerpen, berbagai macam artikel dengan topik yang berbeda-beda, opini hingga tulisan berbentuk esai. Siapa tahu ada penerbit yang membacanya bisa tertarik untuk menerbitkan karya-karya saya. Namun pada dasarnya blog ini saya buat sebagai ajang mengekspresikan karya-karya saya agar dapat dinikmati orang lain,” ujar Ukon.

Berekspresi Tanpa Batas di Blog

Semakin canggihnya teknologi komunikasi memudahkan orang dalam mengakses informasi. Blog merupakan salah satu media penyebaran informasi, mengekspresikan diri dan media penyaluran hobi menulis yang bisa dibuat dan dimiliki oleh semua orang. Lalu, apa sebenarnya yang disebut sebagai blog? Apa saja manfaatnya?

Pada dasarnya blog seperti dijabarkan oleh www.wikipedia.org adalah singkatan dari web blog yang dapat diartikan sebagai bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan pada sebuah halaman web umum. Tulisan yang dimuat dalam blog tersebut sering disebut sebagai posting. Situs blog seperti ini dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blog dapat dimiliki oleh semua orang yang ingin memiliki halaman dalam web yang memuat berbagai tulisan maupun gambar. Sementara Isi blog tergantung dari keinginan dan tujuan sang pemilik blog tersebut. Dalam perkembangannya kini, jutaan blog dapat ditemukan lewat Internet. Kondisi ini tak terlepas dari semakin banyaknya situs yang menyediakan fasilitas pembuatan blog gratis.

Blog memiliki fungsi yang sangat beragam, tergantung dari pemilik blog yang biasa disebut sebagai blogger. Blog bisa difungsikan sebagai catatan harian, untuk mempublikasikan sebuah karya hingga sebagai media penyebaran informasi perorangan maupun komunitas. Mengenai kepemilikan maupun pemeliharaan blog dapat dimiliki atau dipelihara oleh satu orang dan bisa dipelihara oleh beberapa orang.

Salah satu pemilik blog pribadi, Rio, mengatakan media itu membantunya menyalurkan hobi menulis, mengekspresikan pengalamannya dalam bentuk tulisan dan menulis review film koboi yang pernah ditontonnya. ”Dengan adanya blog bisa digunakan untuk menyebarkan informasi yang saya tahu agar dapat berguna bagi orang lain yang membacanya,” ujar Rio ketika dijumpai Espos di Solo.

Karyawan salah satu perusahaan swasta di Solo ini mengaku saat ini memiliki dua buah alamat blog, yakni www.tomjerry.blogspot.com yang berisikan tentang review film koboi dan www.pemakanmayat.multiply.com yang berisikan tentang pengalamannya bermain airsoftgun. ”Membuat blog lumayan mudah, tinggal daftar di situs yang menyediakan fasilitas blog setelah itu halaman yang telah disediakan tinggal diisi dengan tulisan ataupun gambar yang saya mau,” kata dia.

Hal tak jauh beda diungkapkan seorang blogger dari Bandung, Ukon Ahmad Furqon. Dia mengaku memiliki dua buah alamat blog, yakni blog pribadi yang beralamatkan di www.ukonisme.blogspot.com dan blog komunitas pecinta penyanyi kawakan Indonesia Iwan Fals dengan alamat http://www.iwan-fals.blogspot.com/.

Jadi etalase

”Blog pribadi saya gunakan sebagai semacam etalase karya tulisan yang saya buat, seperti cerpen, berbagai macam artikel dengan topik yang berbeda-beda, opini hingga tulisan berbentuk esai. Yah siapa tahu nanti ada penerbit yang membacanya bisa tertarik untuk menerbitkan karya-karya saya. Namun pada dasarnya blog ini saya buat sebagai ajang mengekspresikan karya-karya saya agar dapat dinikmati orang lain,” ujar Ukon.

Untuk blog komunitas yang dibuatnya, Ukon mengaku, telah mendapatkan izin dari manajemen Iwan Fals untuk membuat blog yang berisikan berbagai berita dan pernak-pernik sang penyanyi. Orang yang mengunjungi blog ini juga bisa posting menawarkan berbagai merchandise Iwan Fals.

Ukon menambahkan, membuat blog terbilang gampang. Dia menjelaskan untuk jenis blog standar, calon blogger tinggal mendaftarkan diri ke situs yang menyediakan fasilitas blog, di mana mekanismenya seperti membuat alamat e-mail atau surat elektronik. ”Setelah terdaftar, tinggal pilih desain halaman yang diingini selanjutnya tinggal diisi sesuai kemauan sang pemilik blog,” ujarnya.

Sementara pemilik blog www.hunchypage.blogspot.com, Hani mengaku, blog yang dimilikinya digunakan sebagai catatan hariannya. ”Saya hanya ingin menceritakan pengalaman saya dan mengekspresikan apa yang saya alami dalam bentuk tulisan. Saya hanya ingin berbagi pengalaman, mungkin saja yang saya tulis bisa berguna bagi orang lain,” kata Hani. ”Bagi saya blog memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai sumber informasi,” ujarnya. - Aeranie Nur Hafnie

Labels: ,

| Baca Selengkapnya |

Seputar Ukonisme

Komentar Terbaru

Arsip Bulanan

Sejak Februari 2007

Web Site Hit Counters

netter sedang online